LKP PATH, Program Pelatihan Tata Rambut Pertama Berbasis Kreatif Dan Soft Skills

Jakarta, 25 April 2017 – Sepanjang tahun 2016, industri tata rambut terus mengalami perkembangan. Hal ini terlihat dari jumlah salon yang terus bertambah dan saat ini telah mencapai lebih dari 117.000 salon di seluruh Indonesia[1]. Perkembangan industri ini juga diikuti oleh kebutuhan industri dalam memperoleh talenta penata rambut baru kreatif dan inovatif. Melihat kebutuhan dan perkembangan industri tata rambut yang positif, YCAB memperkenalkan LKP PATH, program pelatihan untuk tata rambut yang menawarkan pelatihan teknik tata rambut sekaligus soft skills, seperti teknik berkomunikasi dan media sosial yang ditujukan untuk para peminat jurusan tata rambut yang ingin mengasah keahlian dan talenta mereka. Dengan menggandeng salah satu brand tata rambut dari PT. L’Oréal Indonesia yaitu L’Oréal Professionnel, program ini memiliki tujuan untuk mencetak talenta baru di bidang tata rambut yang mampu memenuhi kebutuhan industri dan bisnis tata rambut serta untuk mendukung industri tata rambut menjadi pilar yang mandiri.

YCAB memiliki salah satu misi penting yaitu pemberdayaan pemuda, salah satunya melalui program edukasi dan pelatihan. “Pada tahun 2014, YCAB bersama dengan PT. L’Oréal Indonesia menjalankan program pemberdayaan perempuan yang tidak mampu dengan memberikan pelatihan tata rambut, Beauty for a Better Life.  Setelah melihat sambutan masyarakat dan dampak yang positif, YCAB menilai perlu dikembangkan lebih lanjut sebuah program pelatihan tata rambut yang mampu mencetak lebih banyak lagi tunas pelaku industri. Dengan kembali menggandeng mitra kerjasama kami, yaitu PT. L’Oréal Indonesia, melalui salah satu brand tata rambutnya, yaitu L’Oréal Professionnel, kami mendirikan LKP PATH, sebuah wadah pelatihan bagi mereka yang memiliki kecintaan terhadap industri tata rambut dengan tujuan mencetak talenta penata rambut baru serta meningkatkan kualitas pemuda. Kami juga menargetkan bahwa nantinya program pelatihan ini akan terus berkembang sehingga mampu menjangkau lebih banyak lagi pemuda di Indonesia,” Ungkap Firza Imam Putra, Chief Operating Officer Yayasan Cinta Anak Bangsa.

Selama 6 bulan, siswa LKP PATH akan diberikan materi berupa teknik penataan rambut dengan pelatihan soft skills sebagai tambahan, yang masing-masing terdiri dari 5 modul dasar yang perlu dimiliki oleh seorang penata rambut handal. 5 modul teknik ini antara lain, classic cutting, teknik mewarnai rambut, tekstur, hair treatment, dan teknik menata rambut. Sedangkan 5 modul soft skills yang akan didapatkan oleh siswa, antara lain pengetahuan mengenai kulit kepala dan rambut, teknik berkomunikasi, teknik meningkatkan produktivitas, magang dan media sosial. Dalam seminggu, siswa akan memperoleh pelatihan di kelas selama 3 hari dan juga diterjunkan langsung ke lapangan pekerjaan melalui program magang di salon-salon rekanan L’Oréal Professionnel selama 3 hari. Setelah menyelesaikan program edukasi ini, setiap siswa akan mendapatkan sertifikat dari YCAB dan L’Oréal Professionnel.

Selain acara peresmian program pelatihan LKP PATH, pada hari ini juga, ke-enam siswa lulusan pilot class LKP PATH ini, akan menampilkan kreasi tatanan rambut mereka kehadapan puluhan tamu undangan YCAB, partner salon L’Oréal Professionnel dan keluarga melalui pagelaran hair show yang sejalan dengan tren fashion terkini dan mengusung tema “Hair Color is The New Make Up” dengan menggunakan busana dari Ardistia New York.

“Kami di L’Oreal Professionnel selalu mengedepankan edukasi sebagai komitmen kami dalam memajukan talenta dan bisnis hairdresser-hairdresser kami. Biasanya pelatihan yang kami berikan hanya berupa pelatihan “after sales service” yang ditujukan oleh partner salon kami di seluruh Indonesia. Kali ini, dukungan yang kami berikan kepada LKP PATH yang digagas oleh YCAB, adalah bentuk dukungan baru yang mampu mewujudkan mimpi kami untuk memajukan industri tata rambut dan mengembangkan profesi penata rambut. Harapan kami melalui LKP PATH ini, kami dapat menciptakan sebuah standar parameter baru yang harus dimiliki oleh penata rambut di Indonesia sehingga dapat meningkatkan mutu, kualitas dan yang terutama menambah tingkat kepercayaan konsumen terhadap kemampuan penata rambut,” tutup Michael Justisoesetya, General Manager, Professional Product Division PT L’Oréal Indonesia.

 

[1] Menurut internal data PT. L’Oréal Indonesia pada tahun 2016