L’Oréal Indonesia Berhasil Meraih Penghargaan Platinum Untuk Pemberdayaan Wanita pada Global CSR Summit & Awards 2018

150 perwakilan perusahaan dari penjuru Asia tengah menghadiri The 10th Annual Global CSR Summit & Awards 2018 di Sheraton Senggigi, Lombok. Melalui pengakuan program L’Oréal Beauty for A Better Life dan L’Oréal – UNESCO For Women In Science, L’Oréal berhasil meraih Penghargaan Platinum pada kategori Empowerment of Women. Penghargaan ini diberuntukan bagi perusahaan yang telah mengimplementasikan komitmenya pada program pemberdayaan dan kesejahteraan wanita untuk jangka waktu sedang dan lama yang memberikan dampak positif bagi kesetaraan gender, ekonomi, dan bias budaya.

Pada acara ini, Melanie Masriel selaku Communications, Sustainability and Public Affairs Director, L’Oréal Indonesia, diundang sebagai pembicara pada panel Women Empowerment untuk membahas peran wanita dalam masyarakat, bagaimana wanita saat ini dalam mengambil peran ganda, dan bagaimana L'Oréal melihat kesetaraan gender dalam sudut pandang perekrutan pegawai, pengembangan, kompensasi untuk mendukung dan menyemangati wanita untuk mengambil peran pemimpin.

 

Beauty for a Better Life

Pertama kali di luncurkan pada tahun 2014, program Beauty for a Better Life (BFBL) Indonesia bertujuan untuk mengembalikan rasa percaya diri bagi wanita-wanita kurang mampu dan kesulitan hidup seperti Janda, single parents, korban kekerasan, putus sekolah, dan pengangguran dengan memberikan pelatihan tata rambut gratis. Setelah 5 tahun berjalan, BFBL memiliki 5 pusat pelatihan di Kerawang, Cianjur, Bekasi, Mataram, dan Jakarta. Sejak 2017, L’Oréal Indonesia mengembangkan kerjasamanya dengan menggandeng Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Perindustrian untuk menghadirkan program BFBL di 5 Sekolah Menengah Keatas (SMK) sebagai sarana persiapan siswa SMK untuk terjun kedalam industri jasa kecantikan sebagai tenaga ahil yang dapat diserap. Sejak tahun 2017, 349 dari 534 lulusan BFBL telah mengembangkan karir mereka di bidang tata rambut mulai dari bekerja sebagai penata rambut tetap, keliling atau salon musiman hingga menjadi pemilik salon.

 

For Women in Science

Dibentuk sejak tahun 2004 berkat kerjasama dengan Komisi Nasional Indonesia UNESCO, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tiap tahun nya program nasional L’Oréal – UNESCO FWIS memberikan penghargaan pada peneliti perempuan Indonesia yang telah memberikan kontribusi yang signifikan di bidang sains. L’Oréal – UNESCO FWIS menghargai peneliti perempuan muda Indonesia yang luar biasa telah mendedikasikan karirnya dalam membangun inovasi dan kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan dan kemajuan komunitas di seluruh Indonesia. Tiap tahunnya, L’Oréal menganugrahkan 4 perwakilan muda Indonesia untuk menjalankan penelitian di bidang life dan material sciences. Hingga saat ini, 49 perempuan peneliti Indonesia telah di dukung oleh L’Oréal – UNESCO FWIS.

 

The 10th Annual Global CSR Summit & Awards 2018

The Global CSR Awards adalah penghargaan perstigius di Asia untuk Corporate Social Responsibility dan sudah berjalan selama satu decade. Program ini menganugrahi perusahaan-perusahaan dalam hal inovasi, produk, jasa, poyek dan program yang sedang dijalakan maupun yang sudah dijalankan. Proyek-proyek ini harus mencerminkan kepemimpinan perusahaan, ketulusan dan komitmen yang sungguh-sungguh dalam menggabungkan nilai-nilai etis, ketaatan pada hokum, menghormati individu, komunitas, dan lingkungan dalam cara mereka berbisnis. Sebagian dari pemenang yang diumukan pada malam penganugrahaan Global CSR Awards antara lain adalah Procter & Gamble, Adaro Energy, Tetra Pak, DHL, dan HM Sampoerna.