L’Oréal Indonesia Mencetak Kartini-Kartini Masa Kini di Tempat Kerja

Jakarta, 21 April 2017 – Berdasarkan data The United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women, atau yang lebih sering disebut sebagai UN Women, peningkatan jumlah partisipasi wanita dalam angkatan kerja, dan pengurangan kesenjangan jumlah partisipasi di dalam angkatan kerja antara wanita dan pria dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat.

Sayangnya, kesenjangan tersebut masih sangat besar. Data International Labour Organization (ILO) menunjukkan bahwa pada tahun 2013, partisipasi pria dalam angkatan kerja mencapai 72,2%, sedangkan partisipasi wanita hanya 47,1%. Di Indonesia, perkembangan tentu telah terjadi, tetapi belum sampai ke titik yang signifikan. Menurut data BPS pada Agustus 2016, perkembangan tingkat partisipasi wanita dalam angkatan kerja di Indonesia baru mencapai 50,7%. Tidak hanya itu, data dari Bank Dunia menunjukkan bahwa secara global wanita digaji lebih rendah daripada pria, dimana para pekerja wanita rata-rata hanya mendapatkan 60% - 75% apa yang didapatkan oleh pekerja pria.

L’Oréal sebagai perusahaan kecantikan nomor satu di dunia tentu sangat mendukung peran wanita dan ingin mengalahkan stigma tersebut. Hal ini terbukti dalam Equileap 2017 Global Gender Equality Ranking, dimana L’Oréal secara global berhasil menjadi peringkat pertama mengalahkan 199 perusahaan global lain dalam usahanya menciptakan kesetaraan gender bagi karyawannya.  L’Oréal berhasil membuktikan bahwa tidak adanya kesenjangan gaji antara karyawan pria dan wanita, dimana hal tersebut merupakan sebuah isu yang masih banyak terjadi di lingkungan kerja.

Di L’Oréal Indonesia, 50% manager adalah wanita, dan sejak awal tahun 2017, untuk pertama kalinya, L’Oréal Indonesia dipimpin oleh mayoritas pemimpin wanita di dalam Management Committee-nya.

“Kami ingin menjadi perusahaan dimana pria dan wanita sama-sama bisa mengembangkan karirnya. Saya percaya apabila wanita mendapatkan kesempatan yang sama, maka kita bisa saling melengkapi, dimana ada sense yang berbeda antara pemimpin wanita dan pemimpin pria. Dengan memberikan kesempatan tersebut, kami telah menunjukkan bahwa kesetaraan gender merupakan nilai penting yang dipegang erat oleh perusahaan,” kata Restu Widiati, Head of Human Resources PT L’Oréal Indonesia.

Dari 11 anggota Management Committee di L’Oréal Indonesia, terdapat 6 wanita terbaik yang memegang posisi-posisi penting, dimana 4 di antaranya adalah warga negara Indonesia. Posisi tersebut adalah General Manager Consumer Product Division, General Manager L’Oréal Luxe Division, Head of Communications, Head of Human Resources, Head of Scientific & Regulatory Affairs, dan Head of Supply Chain.

Menjadi seorang pemimpin wanita tentunya tidak mudah, dan wanita-wanita ini ingin berbagi tips untuk teman-teman wanita yang sedang mengejar karirnya.

Jee Eun Shin, General Manager Consumer Product Division – “You are the one behind your career. Drive your own career, and never underestimate yourself.”

Silvia Yohana, General Manager L’Oréal Luxe Division – “Find enjoyment and sense of purpose in what you do – know how to push to be better, and always be grateful, no matter how small it is.”

Melanie Masriel, Head of Communications – “Women have an exactly equal opportunity as men professionally. If you are a working mom, it's a matter of creating a strong support system to allow us reaching our dreams sky high.”

Restu Widiati, Head of Human Resources – “Be Passionate, have Persistence, and stay Positive. The 3P’s will help you reach your career goals in the long run.”

Dewi Rijah Sari, Head of Scientific & Regulatory Affairs – “Courage is the most important of your success, because without courage you can't start your small step to reach your success.”

Nguyen Thi Lan Phuong, Head of Supply Chain – “Lead and help people. When you help people to be successful, you’re helping yourself to become successful too. ”

 

“Sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan Kartini, setiap Perusahaan di Indonesia harus percaya bahwa wanita memiliki kapasitas yang sama dengan laki-laki, dapat menghasilkan karya yang sejajar di segala bidang, serta berhak mendapatkan kesempatan dan kompensasi selayaknya tanpa memandang gender” tutup Melanie Masriel, Head of Communications L’Oréal Indonesia.