Perjalanan Alumni L’Oréal Beauty For a Better Life Membawa Kreasi Tata Rambut Rumahan ke Panggung Hair Show

Sebagai bagian dari usaha berkelanjutan untuk membantu masyarakat dengan keterbatasan sosial-ekonomi, Beauty For a Better Life (BFBL), program CSR yang diluncurkan L’Oréal Indonesia sejak 2014 memberikan kesempatan kepada para alumninya untuk menunjukkan hasil kreasi tata rambutnya. Selama 5 hari, 15 finalis yang merupakan lulusan terbaik program BFBL dari seluruh Indonesia telah menjalani proses pembekalan dan penjurian ketat sebelum penampilan perdana mereka di panggung Beauty For a Better Life Hair Show.
 
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Indonesia tahun 2017 mencapai 27,77 juta orang, sementara menurut data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) BPS dan Survey Sistim Pemantauan Kesejahteraan Berbasis Komunitas (SPKBK) PEKKA tahun 2014, terdapat 14,84% rumah tangga di Indonesia dikepalai oleh perempuan dan hampir separuhnya berada di kesejahteraan terendah. Inilah yang menjadikan L’Oréal secara konsisten terus mendukung perempuan dengan keterbatasan sosial ekonomi melalui program pelatihan tata rambut secara cuma-cuma. Dan tahun ini L’Oréal juga ingin membuktikan bahwa lulusan BFBL merupakan para penata rambut professional tersertifikasi yang siap kerja.
 
Michael Justisoesetya, General Manager – Professional Product Division PT L’Oreal Indonesia menyampaikan, “Beauty For a Better Life Hair Show 2017 ini menampilkan kreasi dan kisah inspiratif para alumni BFBL untuk membuktikan kepada khalayak luas akan transformasi berarti dalam hal ketrampilan dan taraf hidup yang telah mereka lalui. L’Oréal percaya bahwa dunia tata rambut dapat digeluti siapapun dari kalangan manapun asalkan memiliki minat dan kemauan besar untuk belajar. Pangsa pasar industri ini pun di Indonesia sangatlah besar dan menjanjikan.”
 
Hal ini dibuktikan dengan hasil Survei Kantar 2016 bahwa sekitar 69% perempuan Indonesia rutin mengunjungi salon dengan rata-rata 3-5 kali setahun. Secara total diestimasikan terdapat sekitar 101.000 salon di Indonesia dengan nilai pasar sebesar 11,6 Trilyun di tahun 2016.
 
Program BFBL L’Oréal Indonesia ini kini telah dijalankan di 5 pusat pelatihan yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Karawang, Cianjur dan Mataram, dan telah melatih sebanyak 611 orang peserta melalui berbagai kelas dengan kurikulum standar internasional yang berlangsung selama 3 bulan dan program magang selama 1,5 bulan. Hingga saat ini, sebanyak 299 peserta dari 443 lulusan BFBL telah bekerja di salon, membuka jasa salon keliling dan bahkan membuka salon sendiri.
 
Sejak tahun 2017 L’Oréal Indonesia juga telah bekerja sama dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kementerian Perindustrian untuk menjalankan program BFBL di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya di SMKN 27 Jakarta, SMKN 03 Bogor dan SMKN 09 Bandung, untuk meyiapkan angkatan kerja jurusan tata rambut yang siap diserap oleh industri.
 
Melanie Masriel, Communications, Public Affairs and Sustainability Director PT L’Oréal Indonesia menjelaskan: “Dalam menjalankan program CSR ini, kami melakukan monitoring intensif untuk memastikan tercapainya misi kami dalam hal pembukaan lapangan pekerjaan dan peningkatan taraf hidup ke arah yang lebih baik bagi para lulusannya. Untuk itu pada Maret 2017, L’Oréal menunjuk konsultan internasional Monitor Deloitte untuk melakukan audit menyeluruh tentang kinerja program BFBL. Hasilnya menunjukkan bahwa 96% alumni menyatakan BFBL telah berhasil meningkatkan ketrampilan mereka dan memberikan perubahan positif bagi kesejahteraan keluarga, antara lain seperti lebih mampu menjadi independen secara finansial (6,9-8,3)*, mampu memberikan nutrisi keluarga yang lebih baik (7,9-8,6)*, serta menjadi lebih percaya diri (6,3-8,5)* dan bahagia 6,0-7,8)*.”
 
Narti Siti Fachriyati, salah satu finalis BFBL Hair Show 2017 lulusan BFBL 2017 dari Jababeka, Bekasi menceritakan kisahnya, “Sebagai Ibu rumah tangga, saya ingin membantu suami menambah penghasilan keluarga. Dulu saya sempat mencoba berdagang namun gagal. Awalnya saya sungkan mengikuti kursus gratis BFBL karena melihat peserta-peserta lainnya yang masih muda belia. Namun saya dapat membuktikan kegigihan belajar sehingga berhasil keluar sebagai alumni terbaik di angkatan. Keterampilan tata rambut ini menjadi berkah tersendiri bagi saya dan keluarga karena kini kami mampu membiayai anak-anak sekolah dan bahkan kuliah di universitas. Saya juga sangat bangga bisa mewakili training center Jababeka untuk tampil di panggung BFBL Hair Show.”
 
Melanie menambahkan, “BFBL Hair Show ini menjadi ajang yang kami gelar guna memberikan panggung bagi para alumni terbaik kami untuk berkreasi, terinspirasi dan membukakan mata mereka akan tren terkini seputar dunia tata rambut. Hal ini sangatlah penting agar para lulusan dapat terus termotivasi meningkatkan skill mereka dan menyuguhkan tidak sekedar servis namun lebih dari itu, sebuah karya seni bagi para pelanggan. ”
 
Ketiga dewan juri BFBL Hair Show yang terdiri dari Patricia Lauretta Viola, Head of Key Account Manager & Capability Manager PPD L’Oréal Indonesia; Theresa Sinurat, Head of School Beauty For a Better Life; dan juri tamu Audid Rasyidi, Pemilik Shinjuku Salon Surabaya, telah memilih tiga pemenang sebagai berikut:
  • Karin dari Training Center Jababeka, Alumni 2017 sebagai Pemenang Pertama Kreasi Terbaik dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 10.000.000,-
  • Anita dari Training Center Jakarta, Angkatan 2017 sebagai Pemenang Kedua Kreasi Terbaik dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 7.000.000,-
  • Narti Siti Fahriyati dari Training Center Jababeka, angkatan 2016 sebagai Pemenang Alumni Inspiratif dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 5.000.000,-
 
*Sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan BFBL dengan angka 10 sebagai poin tertinggi.