"Orang Indonesia Selalu Bahagia!" Umesh Phadke Indonesia Millennial Summit 2019

Jakarta, Sabtu 19 Januari 2019, Umesh Phadke, Presiden Direktur L'Oréal Indonesia diundang untuk menjadi salah satu tamu pembicara tamu di Indonesia Millennial Summit 2019 yang diadakan oleh salah satu perusahaan media terkemuka di Indonesia, IDN Times. Bersama Umesh Phadke di atas panggung adalah para pemimpin dari perusahaan multinasional lain yaitu Johnson & Johnson, Mercedes-Benz Distribution Indonesia, dan Procter & Gamble. Sesi diskusi satu jam ini mengenai "Memerangi Kedewasaan Merek dengan Inovasi."

“Inovasi selalu berada dalam aliran darah L'Oréal. Dimulai bertahun-tahun yang lalu, kami didirkan oleh seorang ilmuwan kurang mampu yang menemukan pewarna rambut pertama dan sekarang kami memiliki 35 merek dalam portofolio kami,” kata Umesh ketika ditanya tentang inovasi untuk bisnis. Dia menyebutkan bahwa salah satu kunci sukses untuk tetap relevan selama lebih dari 100 tahun adalah eratnya hubungan yang dijaga antara L'Oréal dan konsumennya. “Kami paranoid bahwa suatu hari kami tidak lagi relevan dengan konsumen kami dan rasa paranoid tersebut memotivasi kami untuk terus berinovasi dan mendengarkan keinginan mereka,” jelas Umesh.

Consumer centricity sangat penting bagi bisnis, dengan era e-commerce yang berkembang pesat, kini L'Oréal lebih mudah untuk mengakses beragam audiens. “E-commerce mencerminkan dunia nyata, seperti Lazada dan Shopee, mereka memiliki mal sendiri. Era e-commerce memungkinkan kita untuk tetap berhubungan dengan konsumen kita dengan lebih mudah. Ini membantu kami memperlihatkan inovasi kami dan membuat kami dapat diakses oleh semua orang, ”ujar Umesh.

Selain berbicara tentang bisnis, Umesh memiliki kesempatan untuk berbagi tentang pengalamannya tinggal di berbagai negara.Dia menyebutkan hal-hal yang dia pelajari dari pengalamannya tersebut. “Dari orang-orang Arab saya belajar tentang kemurahan hati, dari orang-orang India saya belajar seni argumen. Coba letakkan dua orang India di satu ruangan, akan butuh selamanya untuk membuat keputusan!” Katanya, diikuti tawa para audiens di ballroom tersebut. “Dari orang-orang Thailand, saya belajar tentang keramahan. Dari orang Indonesia, saya belajar seni menjadi bahagia. Apa pun yang terjadi, orang Indonesia selalu bahagia!” Lanjutnya disambut dengan tepuk tangan meriah.

Indonesia Millennial Summit 2019 adalah salah satu konferensi terbesar yang pernah diadakan di tanah air. Tema besarnya adalah "Membentuk Masa Depan Indonesia". Lebih dari 50 pembicara dari berbagai latar belakang membahas tentang politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, dan lingkungan. Konferensi ini dihadiri oleh lebih dari 1500 pemimpin millennial dari seluruh Indonesia.