Perjalanan 40 Tahun L’Oréal di Indonesia, Memberikan Nilai Lebih Terhadap Makna Kecantikan

Perusahaan kecantikan #1 di dunia yang berbasis sains, L'Oréal, merayakan empat dekade perjalanannya di Indonesia melalui rangkaian acara bertema 40 Tahun Mempercantik Indonesia. Perjalanan L’Oréal bermula pada tahun 1907 saat pendirinya, ilmuwan kimia Eugène Shueller menciptakan formula pewarna rambut yang inovatif. Penemuan itu kemudian berkembang menjadi L’Oréal, pemimpin industri kecantikan dunia yang memiliki misi memberikan keindahan untuk semua (beauty for all).

 

“Selama lebih dari 4 dekade hadir di tanah air, secara konsisten kami berupaya untuk tak hanya mempercantik masyarakat Indonesia tetapi juga mempercantik Indonesia. L'Oréal terus berkembang melalui strategi Universalisasi, yaitu strategi globalisasi yang dilakukan dengan merespon, memahami, dan menghormati segala perbedaan yang ada untuk menawarkan makna kecantikan yang sesuai dengan aspirasi masyarakat yang berbeda-beda di setiap belahan dunia,” jelas Umesh Phadke, Presiden Direktur PT L’Oréal Indonesia.

 

Umesh lebih lanjut mengungkapkan empat alasan utama yang membuat L'Oréal menjadi perusahaan yang maju dan mampu beradaptasi selaras dengan evolusi dunia kecantikan, yaitu: 1) Kualitas unggul yang dipastikan melalui investasi mendalam di bidang Riset & Inovasi; 2) Talenta yang terus dilatih untuk memahami dan menyesuaikan keinginan konsumen dengan budaya beragam; 3) Portofolio merek yang dihadirkan dalam berbagai kategori dan seiring dengan kemajuan distribusi serta digitalisasi; 4) Komitmen terhadap usaha berkelanjutan yang beretika dengan keyakinan bahwa kinerja ekonomi, lingkungan, dan sosial harus berjalan beriringan dan saling memperkuat satu sama lain.

 

Melalui divisi Research & Innovation, L’Oréal Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan rangkaian produk dan layanan yang tepat guna dengan menggabungkan ilmu pengetahuan dengan aspirasi konsumen sehingga mampu menawarkan produk dan layanan yang relevan terhadap iklim, budaya dan perilaku masyarakat lokal.

 

Selain itu, L’Oréal juga menjadi yang terdepan dalam hal inovasi teknologi dengan terus menghadirkan pengalaman baru bagi konsumen di industri kosmetika. L’Oréal Indonesia bersama Shopee baru saja meluncurkan inovasi BeautyCam pertama di dunia e-commerce Indonesia dengan menawarkan konsumen pengalaman Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) untuk menjajal produk kosmetik secara digital.

 

L’Oréal Indonesia juga berkomitmen terhadap sekitar 3000[1] talentanya dengan menempatkan perusahaan tak hanya sebagai tempat bekerja namun juga tempat menimba ilmu, memberikan kesempatan berkarir sesuai aspirasi, serta memberikan jaminan kesejahteraan. Selain itu L’Oréal juga ikut mengembangkan kualitas mahasiswa Indonesia untuk menjadi world class talent melalui kemitraan dengan berbagai universitas di tanah air dan melalui kompetisi L’Oréal Brandstorm. Sebagai perusahaan pemimpin di industri salon profesional, L’Oréal juga telah memberikan lebih dari 17.000[2] sesi pelatihan bagi penata rambut di seluruh Indonesia melalui L’Oréal Academy. 

 

Komitmen L’Oréal akan usaha berkelanjutan yang beretika difokuskan terhadap program pengembangan sosial serta konservasi lingkungan baik dalam setiap kegiatan operasionalnya maupun secara eksternal di manapun ia beroperasi. “Kami turut membantu sekitar 400 keluarga korban bencana gempa di Palu dengan memberikan tempat tinggal sementara dan fasilitas air bersih senilai 1 milyar Rupiah. Melalui program Beauty for A Better Life kami konsisten mengadakan pelatihan kecantikan secara gratis dan sejak diluncurkan di tahun 2014 program ini telah membuka 11 pusat pelatihan di Indonesia dan melatih sekitar 1.113 perempuan kurang beruntung untuk ikut meningkatkan pendapatan keluarga. Selain itu kami sangat bangga bahwa Dr. Noryawati Mulyono S.Si, peraih penghargaan dan pendanaan riset program L’Oréal-UNESCO For Women in Science 2010 telah berhasil mewujudkan risetnya yaitu inovasi plastik kemasan makanan ramah lingkungan yang berbahan dasar rumput laut dan damar dan memulai komersialisasi secara internasional melalui bisnis startup miliknya,” ucap Melanie Masriel selaku Communications, Public Affairs and Sustainability Director, L'Oréal Indonesia.

 

“L'Oréal telah menguatkan komitmennya dalam memberikan pengalaman kecantikan yang memenuhi aspirasi semua orang, termasuk konsumen Indonesia. Selain melalui produk-produk kecantikan yang sesuai dengan keragaman masyarakat Indonesia, L'Oréal juga mempercantik Indonesia melalui berbagai program yang memberikan dampak nyata bagi Indonesia sejak tahun 1979, dari Sabang hingga Merauke,” lanjut Melanie Masriel.

 

Itulah beberapa bukti dari L’Oréal Indonesia dalam komitmen 40 tahun mempercantik Indonesia, yaitu memaksimalkan performa dan kinerja bisnis sekaligus mewujudkan komitmennya untuk menjadi warga korporat yang bertanggung jawab. Dengan terus beradaptasi dan berevolusi, L’Oréal membawa nilai yang berbeda ke industri kecantikan Indonesia. Perjalanan empat dekade L’Oréal Indonesia merupakan sebuah perjalanan yang berkomitmen dan bertanggung jawab dari hati untuk memberi makna dan nilai lebih dari sebuah bisnis produk kecantikan.

 

“Saya selalu percaya bahwa Je Ne Sais Quo – sebuah  istilah dalam bahasa Perancis – sangat tepat untuk menggambarkan 40 tahun perjalanan L’Oréal dalam mempercantik Indonesia, suatu rasa yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata namun terasa begitu indah. Tentunya 40 tahun perjalanan ini adalah berkat kerjasama baik dengan para mitra yang terus mendukung L’Oreal berbagi keindahan untuk semua. Sebuah perkembangan yang akan terus berjalan hingga 40 tahun kedepan dan tahun-tahun selanjutnya,” tutup Umesh Phadke.

 

[1] Karyawan langsung dan tidak langsung

[2] Data internal L’Oréal periode Januari – Desember 2018